Motor diesel adalah suatu motor yang merubah bentuk energi
menjadi tenaga mekanik yang dihasilkan dri percampuran antara bahan
bakar dengan udara dalam suatu proses pembakaran.
Motor diesel tebagi menjadi 2 komponen utama yaitu :
Gambar 1 komponen utama motor diesel
a. Bagian-bagian yang diam :
- Kepala silinder
- Blok silinder
- Tabung silinder
- Rumah engkol
- Pan minyak pelumas
- Torak
- Batang torak
- Poros engkol
- Pompa bahan bakar
- Katup pamasukan Katup pembuangan.
Sesuai dengan Proses kerja pada motor yaitu :
- Memasukan udara ke dalam silinder, untuk pembakaran.
- Memampatkan udara di dalam silinder (agar suhu tinggi )
- Pembakaran bahan bakar oleh udara dengan suhu tinggi.
- Ekspansi gas hasil pembakaran, dihasilkan tenaga mekanis.
- Pembuangan gas sisa, agar silinder siap diisi dengan udara baru.
SISTEM PELUMASAN PADA MOTOR DIESEL
1. Pengertian Pelumasan
Gambar 2. Bagan sistem pelumasan
Pada dasarnya pelumasan adalah pemisahan dari dua permukaan benda padat yang begerak secara tangensial terhadap satu sama lain dengan cara menempatkan suatu zat diantara kedua benda padat tadi yang :
- Mempunyai jumlah yang cukup dan secara terus menerus dan dapat memisahkan kedua benda sesuai dengan kondisi beban dan suhu.
- Tetap membasahi permukaan kedua benda.
- Mempunyai sifat netral secara kimia terhadap kedua benda.
- Mempunyai komposisi tetap stabil secara kimia pada kondisi operasional.
Suatu benda atau logam yang tampak halus, sebenarnya tidak pernah mempunyai permukaan yang licin secara sempurna, seperti yang terlihat dengan mata biasa, tetapi jika dilihat dengan mikroskop akan terlihat bahwa pada permukaan tersebut merupakan tonjokan-tonjolan dan lekukan-lekukan mikroskopis. Sehingga bila kedua permukaan tersebut bersinggunan satu dengan yang lain, bagian yang merupakan tonjolan dan lekukan pada kedua benda akan saling mengait. Sehingga apabila kedua permukaan tadi bergerak satu dengan yang lain maka terjadi suatu tahanan yang besar karena tonjolan dan lekukan yang saling mengait harus saling mematahkan. Patah nya tonjolan dan lekukan tadi akan menimbulkan panas, dan tahanan tadi disebut tahanan gesekan. Dam gesekan yang tadi di sebut gesekan kering.
Permukaan yang kasar tidak dapat dihaluskan seluruhnya dengan cara digosok atau diampelas, karena tonjolan dan lekukan tadi sangat tidak teratur, sehingga efek keausan akan berjalan terus.
Kalau pemisahan antara kedua permukaan dengan menggunakan pelumas, gesekan masih tetap ada, yang di sebut gesekan cair. Nilai gesekan cair jauh lebih kecil dibandingkan gesekan kering.
2. Fungsi Pelumasan
- Mengurangi tingkat keausan pada benda yang saling bergerak bergesekan.
- Mengurangi timbulnya panas yang berlebihan
- Sebagai media pendingin
menghilangkan panas dari bsagian-bagian yang bergesekan
- Sebagai zat perapat kebocoran
menyekat udara antara ring piston dengan dinding silinder
- Sebagai zat pembersih.
menghilangkan karbon didalam sylinder dan debu dan menyaringnya.
- Sebagai peredam suara dari getaran
3. Sifat-sifat Minyak Pelumas
a. Umum.
Agar menghasilkan suatu pelumasan yang baik, maka diperlukan minyak
pelumas yang dapat memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan sesuai
kebutuhan. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan
minyak pelumas adalah :
1) Tekanan bantalan
2) Kecepatan pergesekan
3) Bahan yang bergesekan
4) Ruang antara bahan yang bergesekan
5) Aksesabilitas
6) Suhu dan tekanan kerja
b. Viskositas
Viskositas adalah sifat daari suatu fluida, sebagai gesekan internal, yang menyebabkan fluida tersebut melawan untuk mengalir.
Angka Viskositas SAE untuk pelumas motor
Angka viskositas
SAE
|
Rentantang Viskositas, Saybolt seconds
|
|||
Pada suhu 1300F
|
Pada suhu 2100F
|
|||
Min
|
Max
|
Min
|
Max
|
|
10
|
90
|
119
|
|
|
20
|
120
|
184
|
|
|
30
|
185
|
254
|
|
|
40
|
255
|
|
|
80
|
50
|
|
|
80
|
104
|
60
|
|
|
105
|
124
|
70
|
|
|
125
|
150
|
Viskositas index adalah suatu ukuran perubahan viskositas dari minyak terhadap suhu dibandingkan dengan dua macam minyak referensi yang mempunyai viskositas yang sama pada suhu tertentu.
d. Pour Point
Pour point atau suhu tuang , atau titik tuang ialah suhu terendah dimana minyak dapat mengalir.
e. Flash Point
Flash point atau titik nyala adalah suhu dimana minyak harus dipanaskan didalam alat percobaan, sehingga timbul uap yang dapat menyala sebentar bila suatu nyala api kecil didekatkan pada uap tadi.
Titik nyala minyak pelumas yang digunakan pada motor berkisar antara 175º C sampai 260º C tergantung pada penggunaan motor dan jenis minyak pelumasnya.
f. Carbon Residu
Carbon residu ialah berat sisa dari minyak pelumas yang telah terbakar.
g. Acidity atau Neutralization Number
Acidity atau keasaman dinyatakan sebagai jumlah dalam milligram dari potassium hydroxide, yang diperlukan untuk menetralkan suatu gram minyak.
h. Warna
Warna minyak pelumas berguna hanya untuk tujuan identifikasai, dan bukan menunjukan kualitas suatu minyak.
4. Bagian-bagian yang dilumasi
Umumnya bagian-bagian yang dilumasi pada motor diesel ialah semua bagian-bagian yang saling bergesekan misalnya :
a. Antara torak dan tabung silinder
b. Antara poros dengan bantalan poros
c. Antara roda-roda gigi dan sebagainya.
PERAWATAN SISTEM PELUMASAN
1. Bak minyak pelumas.
Bukalah bak minyak pelumas setiap 500 jam, dan bersihakanlah bak
minyak tersebut. Dan saringan hisap dari pompa minyak pelumas dengan
mempergunakan minyak ringan atau minyak cuci.
2. Saringan minyak pelumas
Cucilah rumah filter sebersih-bersihnya dengan menggunakan minyak
ringan atau minyak cuci, sementara itu periksalah kertas saringan,
apabila terlihat adanya kotoran, serbuk logam berwarna putih atau warna
tembaga tembaga, maka hal itu menunjukan adanya keausan pada
bantalan-bantalannya, segera lakukan perbaikan
3. Tekanan minyak pelumas
Apabila tekanan minyak pelumas tidak dapat mencapai bilangan yang
disyaratkan oleh pabrik pembuatnya, matikanlah mesin lakukanlah
pemerikasaan :
a. Apakah isi minyak pelumas didalam cukup ?
b. Apakah ada kerusakan pada pipa atau alat pengukur tekanan minyak pelumasnya ?
c. Apakah ada kebocoran minyak pelumas dari saluran-salurannya ?
d. Apakah pompa minyak pelumas bekerja dengan baik, atau apakah udara masuk kedalam saluran minyak pelumas ?
e. Apakah ada bantalan yang rusak ?
f. Apakah alat pengatur tekanan minyak pelumas bekerja dengan
baik ? biasanya kotoran didalam saluran minyak pelumas menyebabkan
gangguan pada sistem pelumasannya.
1. Sistem pelumasan sump kering
Sistem pelumasan motor yang tidak memanfaatkan karakternya sebagai
penampung minyak pelumas, tetapi menggunakan tanki tersendiri diluar
motor.Minyak pelumas yang jatuh ke dalam sump, selanjutnya dialirkan dengan pompa, melalui sebuah filter, dan dikembalikan lagi ke dalam tangki supply yang terletak diluar dari pada motor tersebut. Pompa ini mempunyai kapasitas yang besar, sehingga dapat mengosongkan sama sekali sumpnya
Pada umumnya dengan sistem ini di pergunakan juga sebuah oilcooler, baik yang menggunakan air atau udara sebagai medium pendinginannya untuk keperluan pendinginan dari pada minyak pelumasnya.
Gambar 3. Sistem pelumasan sump kering
Keterangan :
- Tangki penampungan 5. Tangki ekspansi (penampung
- Filter 6. Filter
- Pompa minyak pelumas 7. Bagian mesin yang dilumasi
- Pendingin minyak 8. Pengatur tekanan minyak pelumas
2. Sistem pelumasan sump basah
Sistem pelumasan sump basah ialah sistem pelumasan motor yang memanfaatkan karakternya sebagai penampung minyak pelumas.Dalam sistem ini, dibagian bawah dari pada karter sebuah piringan (pan) yang juga merupakan tangki supply dan ada kalanya sebagai alat pendingin untuk minyak pelumasnya, minyak yang jatuh menetes dari silinder-silinder dan bantalan-bantalan, kembali ke tempat ini, untuk selanjutnya dialirkan kembali dengan sebuah pompa minyak kedalam sistem pelumasanya lagi. Tipe sistem sump basah yang umum diguunakan ialah:
a. Sistem percikan dan sirkulasi pompa
b. Sistem percikan dan tekanan
c. Sistem tekanan
Gambar 4 sistem pelumasan sump basah
Keterangan :
MEKANISME PELUMASAN
1. Tangki penampungan
2. Saringan hisap (strainer)
3. Pompa minyak pelumas (Pompa di dalam karter)
4. Saringan (filter)
5. Pendingin minyak pelumas
6. Bagian mesin yang dilumasi.
7. Katup pengatur tekanan minyak pelumas
. Proses pelumasan adalah seperti pada gambar 5, yang merupakan suatu bidang bantalan, dengan ruang antara (clearance)di lukiskan secara berlebihan, untuk sekedar ilustrasi. Minyak pelumas membasahi kedua permukaan. Minyak pelumas dapat dikatakan terdiri dari lapisan-lapisan, dan garis titik horizontal melukiskan batas-batas dari lapisan minyak tadi.
Pada gambar 5a. permukaan bantalan adalah sejajar, permukaan atas tinggal diam sedang, permukan bawah bergerak dengan kecepatan tetap dan sejajar dengan permukaan. Tidak ada gaya normal terhadap kedua permukaan. Kedua permukaan dipisahkan oleh suatu film minyak dengan ketebalan yang sama lapisan minyak pelumas yang menempel pada permukaan bawah akan bergerak dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan permukaan bawah.
Pada gambar 5b. kedua permukaan dalam keadaan berhenti, ada gaya normal pada kedua permukaan, sehingga minyak pelumas cenderung terdesak keluar. Dan besarnya kecepatan pada masing-masing lapisan di lukiskan lagi dengan vektor-vektor.
Pada gambar 5c. merupakan kombinasi pada gambar 4a dan 4b. pada kecepatan minyak pelumas pada tiap titik dari lapisan ditentukan dengan menjumlah vektor-vektor pada masing-masing titik pada kondisi gambar 4a dan gambar 5b.
Pada gambar 5d. permukaan atas tidak ditahan sejajar dengan permukaan bawah, tetapi di buat sedikit miring. Maka bentuk film minyak pelumas jadi seperti bentuk baji. Sehingga akibat kemiringan ini minyak pelumas dapat mengalir secara terus menerus, dan integrasi kecepatan aliran film minyak pelumas pada permukaan dan sepanjang bantalan adalah tetap, dan menjamin pemisahan kedua permukaan.
Aliran minyak pelumas dan variasi tekanan pada blok yang miring dari sebuah thrust blok terlihat pada gambar 6.
Gambar 5. Bagan Aliran Minyak Pelumas
Gambar 6. Pendinginan minyak pelumas
KLASIFIKASI MINYAK PELUMAS
Dulu klasifikasi API (MM,ML,DG,DM,DS) digunakan untuk klsifikasi service minyak pelumas. Kadang-kadang hal ini kurang jelas dan perincian kondisinya untuk kemampuan pelumasan tidak selalu berhubungan dengan situasi sebenarnya. Untuk hal inilah tiga organisasi di Amerika Srikat (SAE,API,ASTM) bergabung untuk mengembangkan system klasifikasi yang baru, yang telah diresmikan pemakaiannya sejak juli. 1970. Klasifikasi yang dulu, dibagi menjadi golongan motor bensin dan motor diesel ; dan diklasifikasikan sebagai SA, SD, dengan huruf S pada huruf pertama menyatakan commercial, kedua duanya dari golongan-golongan tersebut mempunyai 4 (empat) kelas berturut-turut.
SAE : Society of Automotive Engineers
API : American Petroleum Institute
ASTM : American Society for Testing Materials.
Di bawah ini keterangan mengenai minyak mesin yang di definisikan sebagai klasifikasi system yang baru.
|
KLASIFIKASI LAMPAU (A.P.I)
|
KLASIFIKASI SEKARANG
|
MOTOR
BENSIN
|
ML
MM
MS
|
SA
SB
SC. SD
|
MOTOR
DIESEL
|
DG
DM
DS
|
CA
CB. CC
CD
|
Klasifikasi |
Service mesin api |
Minyak mesin ASTM |
SA
|
Untuk service motor bensin dan diesel untuk mesin dalam keadaan biasa, yang tak memerlukan kombinasi aditiv minyak |
Tak termasuk aditiv, selain dari pada untuk pengentalan atau minyak penetrasi |
SB
|
Untuk service motor bensin beban ringan.untuk mesin yang bekerja
alam keadaan biasa ang membtuhkan sedikit aditiv kombinasi dari minyak. |
Miyak anti oxidant a gesekan |
SC
|
Motor bensin untuk truk dan mobil yang dibuat antara 1964-1967 dan
bekerja dibawah tahun 1964 dalam masa garansi pabrik. Minyak ini
mempunyai sifat yang baik terhadap temperatur rendah dan tinggi,
melindungi pengendapan dan mempunyai sifat untuk mengurangi gesekan |
Miyak ini sesuai dengan permntaan pabrik-pabrik untuk model
1964-1967 terutama dipakai untuk mobil da mempunyai ketahanan pada
temperatur rendah, anti pelumpuran dan anti karat. |
SD
|
Untuk 1968 motor bensin truk dan mobil yang beroprasi dibawah 1962 |
Minyak sesuai permintaan pabrik-pabrik setelah 1968, terutama
dipakai untuk mobil dan mempunyai ketahanan pada temperature rendah anti
pelumpuran dan anti karat |
CA
|
Motor diesel biasa memakai bahan bakar bermutu tinggi. Minyak yang
dipakai ini untuk spesifikasi ini terutama pada pemakaian antara 1940
dan 1950, minyak ini dipakai dengan mutu bahan bakar yang tinggi dan
sifatnya anti karat pada bearing/bantalan dan mencegah pengendapan pada
temperatur tinggi |
Dipakai untuk memenuhi kemampuan MIL-L-21004A pada motor-motor
diesel tampa supercharger dan motor bensin dengan pemakain bahan bakar
kadar sulfur rendah |
CB
|
Motor diesel dengan beban berat motor diesel yang bekerja pada
oprasi biassa dengan mutu bahan bakar yang rendah yang menyebabkan
tempertur tinggi dan karat pada bantalan. Kadang-kadang motor motor
bensin dipakai dalam kasus ini. Minyak ini diformalisasikan tahun 1949.
Minyak ini dipergunakan untuk bahan bakar dengan kadar sulfur tinggi dan
melindungi bantalan dari karat dan temperature tinggi. |
Minyak ini dipakai untuk motor bensin dan motor bensin tanpa
turbocharger ini termasuk minyak MIL-L-2104A yang ditest dengan kadar
sulfur tinggi pada bahan bakar |
- Sistem pelumasan merupakan salah satu elemen dasar dalam permesinan, karena apabila telah terjadi kerusakan sistem pelumasan padamesin tersebut maka mesin tidak dapat beroprasinal dengan baik.
- Sistem pelumasan ditujukan untuk mengurangi gesekan yang terjadi, sehingga dapat mengurangi keausan yang di sebabkan oleh gesekan tadi.
- Sistem pelumasan juga digunakan sebagai media pendingin dari panas yang di hasilkan dari gesekan yang terjadi dan dari proses pembakaran.
- Minyak pelumas yang baik ialah minyak yang memenuhi setandart yang telah ditentukan.
- Setiap jenis mesin memiliki jenis minyak pelumas yang berbeda.
0 komentar:
Posting Komentar