Berikut adalah komponen sistem kopling mobil dengan sistem hidrolis atau kopling dengan minyak kopling.
Fungsi Pedal kopling
Fungsi pedal kopling adalah untuk merubah gaya tekanan dari kaki
pengemudi untuk diteruskan kedalam master kopling, pedal kopling biasa
terletak di paling kiri dan diinjak menggunakan kaki kiri.
Fungsi Master kopling Atas
Master kopling fungsi utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal
kopling ke release kopling, dalam master kopling ini terdapat seal atau
perapat karet yang mencegah minyak kopling tidak bocor, serta reservoir
atau penampung minyak kopling, reservoir untuk minyak kopling ada yang
menjadi satu dengan master kopling dan ada yang terpisah.
Untuk reservoir minyak kopling yang terpisah dengan master kopling,
biasanya reservoir menjadi satu dengan reservoir atau penampung minyak
rem. Untuk yang bertanya apakah sama antara minyak kopling dengan minyak
rem? Jawabannya adalah Ya, minyak kopling dan minyak rem adalah sama.
Release silinder kopling atau master kopling bawah
Release kopling menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan
kedalam garbu pembebas (fork kopling) melalui push rod untuk mendorong
maju dan membebaskan plat kopling dari himpitan antara matahari kopling
dengan roda gila. Sama hal nya dengan master kopling didalam release
kopling ini juga terdapat perapat atau seal untuk mencegah kebocoran
minyak kopling.
Garbu pembebas atau fork kopling
Menerima gaya tekan dari release kopling, garbu pembebas ini dihubungkan
dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover
clutch dan membebaskan putaran mesin ketika pedal kopling di injak.
Fungsi Release bearing Kopling
Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang fungsinya
untuk menekan pelat pegas (matahari kopling) atau diafragma spring pada
tutup kopling (cover clutch).
Cover cluth (tutup kopling)
Cover Clutch juga disebut dekrup atau matahari kopling, Fungsi clutch
cover adalah sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling
ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin.
Fungsi Plat Kopling atau Kampas kopling
Kampas kopling atau disc clutch atau Clutch Plate adalah komponen
kopling yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi,
berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes, kampas kopling atau
plat kopling mobil harus diganti jika keausan sudah terasa.
Pada plat kopling terdiri dari facing yang berfungsi sebagai bidang
gesek yang dikeling pada cushion plate dan berfungsi untuk memperlembut
saat kopling berhubungan dan cushion plate dikeling pada disc plate.
Pada plat kopling juga terdapat torsion damper atau pegas plat kopling yang berfungsi untuk meredam kejutan ketika kopling berhubungan.
Fungsi Fly wheel atau Roda Gila
Fly wheel disebut juga roda gila, roda gila berfungsi meneruskan tenaga
atau putaran mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui
kampas kopling.
Kamis, 11 Desember 2014
SISTEM KOPLING PADA MOBIL DAN FUNGSI KOMPONEN KOPLING HIDROLIS
23.44
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar